Senin, 27 Oktober 2008

Test Sekolah

Waduh, gawat!! Buku matematika yang tadi kusimpan di sini sekarang di mana? Waduh, mati aku!! Padahal besok ujian Matematika, lagi!! Aku khan belum belajar?? Ntar kalo nilaiku jelek lantas Pak Andi yang killer itu marah gimana?
Ya, itulah sekelumit dunia es-em-pe dan es-em-'a yang penuh dengan warna. Ada hijau, kuning, kelabu, merah muda dan biru. Ada sedih, senang, dan ... nano-nano deh. Apalagi kalo menjelang ujian, warna-warna itu semakin terang menyala. Semakin nyata saja. Namun yang pasti dalam dunia sekolah, apalagi menjelang ujian, pasti deh bakal rame. Jadi semua tergantung dari kesiapan masing-masing siswa dalam menghadapinya. Sekedar tips aja dalam menghadapi ujian.
  1. Persiapkan diri (mental dan fisik) jauh-jauh hari. Hal ini akan membawa keuntungan bagi kita. Dengan demikian, ada banyak waktu yang dapat dimanfaatkan untuk belajar dan belajar.
  2. Jika memungkinkan, lakukan belajar secara berkelompok. Adakan diskusi dan tanya jawab seputar materi yang akan diujikan. Hindari membicarakan masalah yang tidak penting, karena hal itu akan berkembang jadi pembicaraan yang nantinya malah akan membuang waktu belajar.
  3. Ketahuilah jadwal ujian dengan baik. Dengan demikian, kita tidak akan salah dalam pelaksanaan ujian. Kita bisa menghindari yang namanya: "Waduh... gue kemaren belajar Fisika, tapi yang diujikan sekarang Matematika..."
  4. Jika ujian hari pertama telah dilaksanakan, jangan pernah membahas materi uji yang telah dilalui. Hal ini untuk menghindari rasa penyesalan dan rasa bersalah. Khan besok masih ada ujian lagi? Khan mending digunakan untuk belajar materi uji esok hari daripada ngebahas ujian yang telah lewat khan...?
Udah deh, bagi kamoe-kamoe yang bentaran lagi menghadapi ujian atau test, met berusaha aja ya...

Tidak ada komentar: